Fazlussalam, Nuha and Marsigit, Marsigit (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI OPERASI ALJABAR DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, FMIPA.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (349kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
![]() |
Text
LKS MATERI OPERASI ALJABAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
![]() |
Text
Tugas Akhir Skripsi_Nuha Fazlussalam_(NIM 13301244023).pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
![]() |
Text
RPP skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi operasi aljabar berupa RPP dan LKS dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model ADDIE, yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), Evaluate (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII B SMP Negeri 2 Ngemplak. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis untuk mengukur keefektifan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran materi operasi aljabar dengan pendekatan open-ended. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) kevalidan perangkat pembelajaran ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP dan LKS yang dikembangkan yaitu 4,08 dan 4,09 dari skor maksimal 5,00 yang termasuk dalam kategori valid, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditunjukkan dengan skor rata-rata angket respon siswa yaitu 3,75 dari skor maksimal 5 yang termasuk dalam ketegori praktis dan hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 90% yang termasuk dalam kategori sangat praktis, 3) keefektifan perangkat pembelajaran ditunjukkan oleh posttest kemampuan berpikir kreatif matematis dengan persentase ketuntasan siswa 62,5% yang termasuk kategori efektif dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis 73,92% yang termasuk kategori efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 07:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |