ANALISIS EVALUATIF BUKU AJAR TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV SEKOLAH DASAR

Brawijaya, Galih (2017) ANALISIS EVALUATIF BUKU AJAR TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Galih Brawijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kesesuaian materi, (2) kesesuaian bahasa, (3) kesesuaian penyajian, dan (4) kesesuaian kegrafikan dalam buku ajar tematik terpadu Kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar berdasarkan kesesuaian terhadap Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian analisis evaluatif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku ajar tematik terpadu Kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis dengan analisis persentase yang menggunakan prosedur statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian materi keseluruhan tema buku ajar tematik terpadu Kurikulum 2013 kelas IV sekolah dasar berada pada skala baik dengan rata-rata persentase kesesuaian sebesar 73%, kekurangan sebesar 27% berada pada penyajian ilustrasi yang kurang konkret dan kurangnya penyajian keterkinian fitur yang mendukung materi, (2) bagian kesesuaian bahasa keseluruhan tema buku berada pada skala sangat baik dengan persentase kesesuaian sebesar 84% karena didukung penyesuaian bahasa yang baik dan kebakuan penyusunan kata sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar, kekurangan sebesar 16% dipengaruhi oleh ketertautan dan keutuhan antar bagian, (3) bagian kesesuaian penyajian keseluruhan tema buku berada pada skala sangat baik dengan persentase sebesar 82%, kekurangan sebesar 18% dipengaruhi oleh kurangnya variasi penyajian, tidak disajikannya bagian glosarium, bagian rangkuman dan peta konsep, (4) kesesuaian kegrafikan keseluruhan tema buku berada pada skala sangat baik dengan persentase kesesuaian sebesar 86%, kekurangan sebesar 14% berada pada penyajian isi buku yang mengurangi kerapian pemanfaatan halaman dan kurangnya keakuratan serta kekonkretan ilustrasi. Kata kunci: kesesuaian materi, kesesuaian bahasa, kesesuaian penyajian, kesesuaian kegrafikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54097

Actions (login required)

View Item View Item