Suprapti, Susi and Jailani, Jailani (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri SMA Kelas X MIPA Berbasis Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I OK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II OK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III OK.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
BAB IV OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V OK.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text
GAMBAR DOKUMENTASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
Text
HALAMAN PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
LAMPIRAN lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
Text
PRODUK LKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajran matematika berupa RPP dan LKS Berbasis ModelSearch, Solve, Create, and Share(SSCS) pada Materi Trigonometri untuk Siswa Kelas X sesuai dengan kurikulum 2013 dan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analysis, design, development, implementation, evaluation. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian validasi RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar yang terdiri dari lima soal uraian untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Skor rata-rata untuk RPP yang dikembangkan adalah 147,5 dengan kriteria valid; (2) Skor rata-rata LKS dari ahli materi adalah101,5 dengan kriteria cukup valid dan skor rata-rata dari ahli media adalah 78dengan kriteria cukup valid; (3) Berdasarkan angket respon siswa, diperoleh skor rata-rata 58,03dengan kriteria cukup praktis; (4) Berdasarkan lembar obsservasi keterlaksanaan pembelajaran, diperoleh rata-rata persentase skor 87,21% dengan kriteria baik sehingga RPP dikatakan praktis; (5) Berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh skor rata-rata 80,65 dan presentase ketuntasan mencapai 91,17%dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dikatakan efektif. Dari beberapa penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS, SSCS, trigonometri |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 07:26 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54095 |
Actions (login required)
View Item |