Keterlibatan Orangtua Dalam Program Pendidikan Keorangtuaan Pada KB Bimbim Cha dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta.

Prameswari, Woro (2017) Keterlibatan Orangtua Dalam Program Pendidikan Keorangtuaan Pada KB Bimbim Cha dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-woro-prameswari-13704251030.swf

Download (72MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) keterlibatan orangtua dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, (2) faktor pendukung keterlibatan orangtua, (3) faktor penghambat keterlibatan orangtua dan (4) hasil keterlibatan orangtua dalam program pendidikan keorangtuaan pada KB Bimbim Cha dan PAUD Tunas Bangsa di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan orangtua anak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan triangulasi, diskusi dengan ahli dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah 1) Tingkat keterlibatan orangtua TK Bimbim Cha berada di tingkatan partnership, sedangkan orangtua PAUD Tunas Bangsa berada di tingkatan citizen control. 2) Faktor pendukung keterlibatan orangtua KB Bimbim Cha dan PAUD Tunas Bangsa yaitu motivasi mendapatkan pendidikan dan perkembangan anak, motivasi mendapatkan solusi dari masalah perkembangan anak, sikap guru dan orangtua yang baik, himbauan pemerintah, undangan dari sekolah, tema pembelajaran pendidikan orangtua, situasi lingkungan yang tidak aman, dan hubungan sosial yang harmonis di lingkungan sekolah. 3) Faktor penghambat keterlibatan orangtua KB Bimbim Cha dan PAUD Tunas Bangsa yaitu persepsi orangtua terhadap pendidikan orangtua, keterbatasan waktu orangtua, pekerjaan orangtua, kesibukan pendidik KB Bimbim Cha, narasumber tidak berkompetensi, lokasi dan waktu yang terbatas. 4) Hasil keterlibatan orangtua dalam pendidikan orangtua adalah meningkatkan pengalaman mendidik anak, adanya perubahan perilaku positif orangtua dan anak-anak, mampu mengembangkan pola pikir anak-anak dan orangtua, meningkatkan komunikasi antara orangtua, anak dan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orangtua, pendidikan orangtua
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:55
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54093

Actions (login required)

View Item View Item