UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MENGGUNAKAN TEKNIK PAIRED STORYTELLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGENTAK KABUPATEN KULON PROGO

Pradana, Khafid (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MENGGUNAKAN TEKNIK PAIRED STORYTELLING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGENTAK KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Khafid Pradana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita dengan menggunakan teknik paired storytelling pada siswa kelas V SD N Ngentak, Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Ngentak yang berjumlah 10 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes evaluasi. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik paired storytelling dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD N Ngentak. Teknik paired storytelling membuat siswa lebih fokus dan berani dalam menyampaikan pendapatnya maupun mengembangkan kemampuan imajinasinya. Peningkatan keterampilan menyimak cerita menggunakan teknik paired storytelling ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rerata kelas baik pada tiap pertemuan maupun pada tiap siklus. Kondisi awal sebelum diberi tindakan nilai rerata kelas hanya 66,17, namun setelah diberi tindakan pada siklus I nilai rerata kelas meningkat menjadi 68,8. Kemudian pada siklus II nilai rerata kelas kembali meningkat menjadi 83,17 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena guru menerapkan teknik paired storytelling dalam pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih terampil. Kata kunci: keterampilan menyimak cerita, Teknik Paired Storytelling, Siswa Kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2017 06:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54084

Actions (login required)

View Item View Item