PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD N TINOM

Khusna, Aminatul (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD N TINOM. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Aminatul Khusna.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD N Tinom. Jika proses pembelajaran meningkat, maka hasil belajar IPS juga meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 30 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis & Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas instrumen oleh dosen pembimbing sebagai expert judgment. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan persentase setiap butir pengamatan siswa dari pra tindakan pada aspek kemauan menerima sebesar 6,67%, siklus I sebesar 34,81%, dan siklus II sebesar 55,56%. Aspek menanggapi pada pra tindakan sebesar 8,6%, siklus I menjadi 31,78%, dan siklus II sebesar 61,78%. Aspek penilaian/penentuan sikap pada pra tindakan sebesar 13,33%, siklus I sebesar 38,33%, dan siklus II sebesar 62,78%. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata pada pra tindakan sebesar 48,04 pada siklus I meningkat menjadi 70,59, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,32. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada pra tindakan sebesar 20%, sedangkan pada siklus I sebesar 56,67%, dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ≥75% dan dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil. Kata kunci: hasil belajar IPS, pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2017 03:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54080

Actions (login required)

View Item View Item