PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BUMI KELAS V MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI DI SD NEGERI NGENTAKREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahono, Aziz Dzulfikar (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR BUMI KELAS V MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI DI SD NEGERI NGENTAKREJO TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Aziz Dzulfikar Wahono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi struktur bumi siswa kelas V SD Negeri Ngentakrejo, Lendah, Kulonprogo, Yogyakarta melalui penggunaan media tiga dimensi tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakasanakan di SD Negeri Ngentakrejo pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Ngentakrejo yang berjumlah 20 siswa. Objek yang diteliti adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Analisis data pada penelitian ini secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi siswa kelas V SD Negeri Ngentakrejo. Ada tiga langkah dalam penggunaan media tiga dimensi materi struktur bumi yaitu: (1) pelabelan, (2) pemberian materi dan penjelasan, dan (3) tanya jawab. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian dengan meningkatnya rerata kelas dan peningkatan persentase ketuntasan kelas. Rerata kelas pada pratindakan sebesar 39,1 dengan kategori cukup, pada pertemuan I nilai menjadi 69,6, dan pada pertemuan II naik menjadi 76,9. Persentase ketuntasan siswa pada pratindakan 6%, pertemuan ke I 56% dan pertemuan ke II naik menjadi 83%. Nilai rerata kelas total naik sebesar 37,8 dan persentase ketuntasan kelas naik sebesar 77%. Peningkatan hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan pembelajaran yaitu telah memenuhi KKM dan tercapainnya persentase ketuntasan kelas. Kata kunci: media tiga dimensi, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Nov 2017 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54079

Actions (login required)

View Item View Item