PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TEKNIK KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Guscipto, Guscipto (2017) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TEKNIK KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Guscipto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas V SD Negeri Giwangan dalam proses pembelajaran melalui penerapan teknik kuis tim. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa. Pada penelitian ini terdiri atas dua siklus. Data konsentrasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa meningkat melalui penerapan teknik kuis tim. Pada siklus I, berdasarkan hasil observasi, rata-rata skor konsentrasi belajar siswa adalah 17,13 dengan persentase 68,53%. Pada siklus II, perbaikan yang dilakukan adalah mengubah isi segmen kuis tim dan mengubah sistem penskoran kuis tim. Melalui perbaikan tersebut, pada siklus II rata-rata skor konsentrasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi meningkat menjadi 19,26 dengan persentase sebesar 79,73%. Persentase tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yaitu rata-rata konsentrasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi >70%, sehingga tindakan dihentikan pada siklus II. Langkah kegiatan kuis tim yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa di kelas V SD N Giwangan adalah sebagai berikut. Guru membagi siswa menjadi 6 tim, kemudian guru membagi materi menjadi 6 topik. Selanjutnya guru menyampaikan materi dalam waktu ± 10 menit. Kemudian sesi pembuatan soal oleh semua tim dalam waktu ± 10 menit. Selanjutnya sesi pemahaman materi oleh semua tim dalam waktu ± 15 menit. Dilanjutkan dengan sesi kuis tim yang di pandu oleh salah satu tim, dan tim lain menjawab soal kuis. Setelah satu segmen kuis selesai, dilanjutkan oleh tim lain menjadi pemandu kuis, dan begitu seterusnya hingga seluruh tim berperan sebagai pemandu kuis. Kata kunci: konsentrasi belajar, kuis tim

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Nov 2017 07:17
Last Modified: 30 Jan 2019 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54069

Actions (login required)

View Item View Item