Learning Trajectory Materi Himpunan SMP Berbasis Proyek.

Astuti, Widi (2017) Learning Trajectory Materi Himpunan SMP Berbasis Proyek. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widi-astuti-15709259009.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan learning trajectory materi himpunan SMP berbasis proyek. Learning trajectory materi himpunan SMP berbasis proyek meliputi tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan alur belajar siswa. Penelitian desain ini menggunakan model Gravemeijer & Cobb dengan tahapan meliputi: 1) preparing for the experiment mencakup penyusunan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan tiga komponen yaitu tujuan pembelajaran, serangkaian aktivita pembelajarans, dan dugaan alur belajar siswa; 2) design experiment mencakup pilot experiment dilaksanakan di kelas VIIB dengan 26 siswa dan teaching experiment dilaksanakan di kelas VIIA dengan 25 siswa; 3) restrospective analysis yaitu membandingkan HLT dengan praktik pembelajaran. Dalam penelitian ini HLT memegang peranan penting sebagai instrumen penelitian. Pengembangan HLT menjadi learning trajectory diperoleh melalui serangkaian aktivitas yang dilaksanakan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan guru untuk penyusunan HLT dan wawancara dengan siswa untuk mengklarifikasi dan mengkonfirmasi alur belajar siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat membantu siswa dalam memahami konsep himpunan. Learning trajectory materi himpunan SMP berbasis proyek diperoleh melalui serangkaian aktivitas dengan empat level berbeda. Level situasional berupa survei kumpulan objek di sekolah, survei himpunan di kelas, survei hobi olahraga dan survei pertanian. Pada level referensial, beberapa istilah muncul melalui diskusi antara lain objek tambahan, kesepakatan, tidak memiliki anggota, semua unsur yang dibicarakan, semua, setiap, sekaligus, sama, digabung, atau, tetapi bukan. Istilah tersebut merupakan titik awal dalam mempelajari konsep himpunan. Pada level general, siswa dapat menggunakan tiga cara penyajian himpunan sebagai representasi dari himpunan, diagram pohon, dan tabel sebagai representasi dari himpunan kuasa, serta diagram Venn sebagai representasi dari operasi himpunan. Pada level formal, pemahaman siswa yang diperoleh dari setiap aktivitas merupakan modal untuk memahami konsep himpunan. Konsep himpunan tersebut antara lain definisi himpunan, himpunan kosong, himpunan semesta, himpunan bagian, irisan, gabungan, selisih, serta komplemen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning trajectory, HLT, himpunan, penelitian desain.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2017 05:10
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54067

Actions (login required)

View Item View Item