Perbandingan Estimasi Kesalahan Pengukuran Standard Setting dalam Penilaian Kompetensi Matematika Tingkat SMP Se-Kabupaten Sumbawa.

Wendari, Weni (2017) Perbandingan Estimasi Kesalahan Pengukuran Standard Setting dalam Penilaian Kompetensi Matematika Tingkat SMP Se-Kabupaten Sumbawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-weni wendari-15701251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menentukan cut score Mata Pelajaran Matematika SMP di Kabupaten Sumbawa menggunakan metode Ebel, Bookmark, dan Contrasting group; (2) mendeskripsikan kemampuan matematika siswa pada metode Ebel, Bookmark, dan Contrasting group; dan (3) mengetahui metode yang lebih akurat dalam mengestimasi kesalahan pengukuran standard setting. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah respon peserta Ujian Nasional Matematika Paket P0C5520 tahun ajaran 2015/2016 yang merupakan data dokumen dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa yang berjumlah 352 siswa dan guru sebagai panelis dalam Focus Group Discussion (FGD). Guru – guru yang terlibat dalam FGD berjumlah dua belas orang yang terdiri dari delapan wanita dan empat pria dari 12 sekolah yang diundang. Teknik analisis dalam penelitian ini dibagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu persiapan. Kegiatan pada tahap ini mencakup penyiapan data, penggolongan SMP, dan penentuan karakteristik butir. Tahap kedua yaitu FGD dilakukan dalam dua putaran. Putaran pertama, peserta FGD diberi pelatihan dalam menentukan cut score dengan menggunakan metode Ebel, Bookmark, dan Contrasting group. Pada putaran kedua, peserta FGD menentukan cut score namun tidak diberi pelatihan lagi. Tahap ketiga yaitu mengestimasi kesalahan pengukuran dengan menggunakan pendekatan generalizability theory dengan bantuan program eduG. Analisis generalizability theory memiliki dua tahap yaitu generalisasi studi (G studi) dan decision studi (D studi). Pendekatan ini digunakan untuk mengestimasi standard errors hasil cut score dari metode standard setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) cut score untuk metode Ebel, Bookmark, dan Contrasting group pada kedua putaran berturut – turut adalah 64,579, 67,813, 64,4338, 65,4547, 50,00 dan 47,50; (2) deskripsi kemampuan matematika siswa pada metode Ebel, Bookmark, dan Contrasting group berturut – turut yaitu 26, 25 dan 19; (3) metode Contrasting group memiliki estimasi kesalahan pengukuran paling kecil dibandingkan metode Ebel dan Bookmark, berarti metode Contrasting group lebih akurat daripada dua metode lainnya. Hal ini dikarenakan rendahnya variabilitas cut score, rendahnya nilai SEM dan tingginya koefisien G.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cut score, standard setting, generalizability theory
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:02
Last Modified: 20 Jun 2022 04:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54065

Actions (login required)

View Item View Item