Pengaruh Kepribadian, Sikap, Motivasi dan Lingkungan terhadap Jiwa Kewirausahaan Guru Pembina Koperasi Sekolah pada SMK di Kabupaten Kulon Progo.

Triatun, Triatun (2017) Pengaruh Kepribadian, Sikap, Motivasi dan Lingkungan terhadap Jiwa Kewirausahaan Guru Pembina Koperasi Sekolah pada SMK di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-triatun-15719251010.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kepribadian terhadap jiwa kewirausahaan, (2) pengaruh sikap terhadap jiwa kewirausahaan,(3) pengaruh motivasi terhadap jiwa kewirausahaan,(4) pengaruh lingkungan terhadap jiwa kewirausahaan, (5) pengaruh kepribadian, sikap, motivasi dan lingkungan terhadap jiwa kewirausahaan secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 guru pembina koperasi sekolah. Data diperoleh menggunakan angket didukung dengan observasi dan wawancara dengan kepala SMK, guru pembina koperasi serta pihak Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulon Progo. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi berganda dengan uji t (untuk menguji pengaruh secara individual) dan uji F (untuk menguji pengaruh secara simultan) serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepribadian berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jiwa kewirausahaan, (2) sikap berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jiwa kewirausahaan, (3) motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jiwa kewirausahaan, (4), lingkungan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jiwa kewirausahaan,(5)kepribadian, sikap, motivasi dan lingkungan secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jiwa kewirausahaan. Besarnya sumbangan efektif dari seluruh variabel bebas yang mencakup : kepribadian, sikap, motivasi dan lingkungan terhadap variabel terikat (jiwa kewirausahaan) sebesar 0,803 atau 80,3%. Sedangkan sumbangan relatif masing- masing variabel bebas terhadap variabel terikat meliputi: (1) pengaruh kepribadian terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 20,91%; (2) pengaruh sikap terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 15,99 %; (3) pengaruh motivasi terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 19,88 %; (4) pengaruh lingkungan terhadap jiwa kewirausahaan sebesar 23,52%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepribadian, sikap, motivasi, lingkungan, jiwa kewirausahaan
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:30
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54064

Actions (login required)

View Item View Item