Sayekti, Hasanah Fajar (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU DI HUTAN WANAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNY.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (788kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku yang ditemukan di Hutan Wanagama Gunungkidul, mengetahui potensi keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul sebagai sumber belajar dan mengetahui kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama untuk siswa SMA kelas X ditinjau dari aspek kemudahan memahami isi, aspek kemandirian belajar, aspek penyajian, aspek kebahasaan dan aspek kegrafisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini terbagi menjadi 3 tahap, yang pertama penelitian mengenai keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul yang dilakukan dengan mengeksplorasi dan mengamati tumbuhan paku yang ada di Hutan Wanagama Gunungkidul. Tahap penelitian yan kedua adalah analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar dengan tahapan identifikasi hasil penelitian, seleksi dan modifikasi hasil penelitian sebagai sumber belajar dan pengembangan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi. Tahap penelitian yang terakhir adalah pengemasan hasil penelitian dalam bentuk bahan ajar modul pengayaan. Model yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development and production, implementation dan evaluation) tetapi hanya dibatasi sampai tahap development. Hasil penelitian di Hutan Wanagama Gunungkidul diperoleh 11 jenis tumbuhan paku. Kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul untuk siswa SMA kelas X secara umum termasuk dalam kategori sangat baik menurut ahli materi, ahli media dan guru biologi, serta termasuk kategori baik menurut tanggapan siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul pengayaan, keanekaragaman tumbuhan paku, kemandirian belajar |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Biologi FMIPA |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 02:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |