PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU DI HUTAN WANAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Sayekti, Hasanah Fajar (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN PAKU DI HUTAN WANAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku yang ditemukan di Hutan Wanagama Gunungkidul, mengetahui potensi keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul sebagai sumber belajar dan mengetahui kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama untuk siswa SMA kelas X ditinjau dari aspek kemudahan memahami isi, aspek kemandirian belajar, aspek penyajian, aspek kebahasaan dan aspek kegrafisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini terbagi menjadi 3 tahap, yang pertama penelitian mengenai keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul yang dilakukan dengan mengeksplorasi dan mengamati tumbuhan paku yang ada di Hutan Wanagama Gunungkidul. Tahap penelitian yan kedua adalah analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar dengan tahapan identifikasi hasil penelitian, seleksi dan modifikasi hasil penelitian sebagai sumber belajar dan pengembangan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi. Tahap penelitian yang terakhir adalah pengemasan hasil penelitian dalam bentuk bahan ajar modul pengayaan. Model yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development and production, implementation dan evaluation) tetapi hanya dibatasi sampai tahap development. Hasil penelitian di Hutan Wanagama Gunungkidul diperoleh 11 jenis tumbuhan paku. Kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul untuk siswa SMA kelas X secara umum termasuk dalam kategori sangat baik menurut ahli materi, ahli media dan guru biologi, serta termasuk kategori baik menurut tanggapan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pengayaan, keanekaragaman tumbuhan paku, kemandirian belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54063

Actions (login required)

View Item View Item