Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kontekstual untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Akurasi Siswa SMP Kelas Khusus Olahraga.

Hidayati, Eko (2017) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Kontekstual untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Akurasi Siswa SMP Kelas Khusus Olahraga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-hidayati-15709259011.swf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika kontekstual yang valid, praktis, dan efektif agar kemampuan penalaran dan akurasi siswa SMP kelas khusus olahraga berkembang. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subyek penelitian adalah 32 siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Tempel. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan bahan ajar yang dikembangkan yaitu lembar validasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepraktisan bahan ajar yaitu lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keefektifan bahan ajar yang dikembangkan yaitu tes kemampuan penalaran dan tes kemampuan akurasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa hasil skor penilaian menjadi data kualitatif dengan lima kriteria. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual yang terdiri dari RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dengan kriteria baik. Hasil uji coba menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan praktis dan efektif. Hasil kepraktisan berdasarkan penilaian guru dan siswa, serta rata-rata keterlaksanaan pembelajaran. Kepraktisan pada uji coba lapangan mencapai kriteria sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 87,5%. Keefektifan bahan ajar yang dikembangkan dilihat dari ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai kriteria minimal 75% yaitu hasil tes kemampuan penalaran yang mencapai 78,125% dan tes kemampuan akurasi yang mencapai 81,25%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, pendekatan kontekstual, kemampuan penalaran, kemampuan akurasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:53
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54062

Actions (login required)

View Item View Item