KUALITAS AIR SUNGAI DAN AIR RESAPAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) GAJAH WONG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA

Astuti, Dwi (2017) KUALITAS AIR SUNGAI DAN AIR RESAPAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) GAJAH WONG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI UNTUK PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi hasil penelitian Hubungan Kualitas Air Sumur dengan Insidensi Penyakit Pencernaan berdasarkan Kandungan Bakteri Coliform di Daerah Aliran Sungai Gajah Wong Yogyakarta sebagai sumber belajar biologi untuk penyusunan modul pembelajaran bagi siswa kelas X SMA. Tujuan kedua untuk mengetahui kualitas modul pencemaran air berdasarkan penilaian guru dan siswa Jenis Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Penelitian ini terbagi menjadi dua tahapan yang pertama analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar dengan tahapan identifikasi hasil penelitian, seleksi dan modifikasi hasil penelitian sebagai sumber belajar, dan penerapan pengembangan hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi. Tahapan penelitian kedua adalah pengemasan hasil penelitian sebagai bahan ajar. Penelitian pada tahap ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development and production, implementation dan evaluation), namun hanya dibatasi sampai tahap development. Hasil penelitian sebelumnya dari Dwi Astuti, dkk (2016) menunjukkan bahwa kualitas air Sungai Gajah Wong dan air sumur di Daerah Aliran Sungai Gajah Wong yang diteliti masuk dalam kategori tercemar berdasarkan jumlah kandungan bakteri coliform. Hasil penelitian biologi mengenai Insidensi Penyakit Pencernaan berdasarkan Kandungan Bakteri Coliform di Daerah Aliran Sungai Gajah Wong Yogyakarta layak dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi sumber belajar dalam bentuk modul karena memenuhi syarat dan lolos tahap kajian proses dan produk penelitian. Kualitas modul pembelajaran pencemaran air Sungai Gajah Wong dan Air Sumur DAS Gajah Wong yang telah disusun secara umum dinilai baik menurut ahli materi dengan persentase sebesar 82,14%, ahli media sebesar 85,53 %, guru sebesar 74,25% dan ujicoba terhadap 14 siswa kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan persentase sebesar 74,25%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajan, pencemaran air, R&D, Sungai Gajah Wong
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54061

Actions (login required)

View Item View Item