IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TA SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL

Shinta, Annisa (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM (TA SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Shinta Annisa_13111244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di Taman Anak Sanggar Anak Alam (TA SALAM) Nitiprayan Kasihan Bantul. Implementasi yang dimaksud terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, perilaku kecerdasan naturalis yang muncul pada anak, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya untuk mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di TA SALAM yang beralamat di Nitiprayan, Kasihan, Bantul. Subjek penelitian adalah 11 anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan, 5 fasilitator, dan ketua Proses Kegiatan Belajar Mengajar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskripsi kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) fasilitator membuat perencanaan pembelajaran saat workshop pada akhir semester; 2) fasilitator sudah mengimplementasikan pendekatan saintifik, dari 8 kegiatan yang terlaksana, 5 kegiatan sudah memenuhi kegiatan saintifik dan 3 kegiatan lainnya belum memenuhi; 3) penilaian pembelajaran yang digunakan adalah catatan perkembangan, hasil karya, dan foto atau video; 4) ada 18 indikator kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun, 10 indikator naturalis tersebut muncul pada anak; 5) faktor pendukung pembelajaran adalah lingkungan sekitar, sedangkan faktor penghambatnya yaitu perilaku anak yang sulit dikondisikan, untuk itu fasilitator membagi anak dalam 3-4 kelompok sebelum kegiatan pembelajaran. Kata kunci: pendekatan saintifik, kecerdasan naturalis, anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Nov 2017 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 15:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54059

Actions (login required)

View Item View Item