Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Sepakbola pada Persatuan Sepakbola Kerinci (PS Kerinci) di Provinsi Jambi

Propayanda, Rahmad Dwi (2017) Evaluasi Program Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Sepakbola pada Persatuan Sepakbola Kerinci (PS Kerinci) di Provinsi Jambi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmad-dwi-propayanda-15711251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pembinaan prestasi cabang olahraga sepakbola pada PS Kerinci di Provinsi Jambi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Subjek penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet di PS Kerinci yang berjumlah 40 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil evaluasi program pembinaan prestasi di PS Kerinci dapat dilihat dari 4 aspek yaitu context, input, process, dan product. Dari segi context, hasil evaluasi dapat dikategorikan “baik” dengan nilai rata-rata 3.10. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi context untuk setiap aspek yaitu latar belakang program pembinaan, dan tujuan program pembinaan yang dapat dikategorikan “baik”. Dari segi input, secara keseluruhan dapat dikategorikan “baik” dengan nilai rata-rata 2,71. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi input untuk beberapa aspek yang dapat dikategorikan “baik” yaitu pelatih, atlet, manajemen klub, serta penghargaan dan dukungan orangtua. Namun, ada beberapa aspek dari evaluasi input yang masih “kurang baik”. Aspek tersebut adalah sarana dan prasarana serta pendanaan yang masih menjadi permasalahan di PS Kerinci dimana nilai rata-rata sarana dan prasarana yaitu 1.73 serta pendanaan dengan nilai rata-rata 1.72. Dari segi process dapat dikategorikan “baik” dengan nilai rata-rata 3.04. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi process untuk semua aspek dapat dikategorikan “baik” yaitu pelaksanaaan program latihan, pelaksanaan program pembinaan, serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev). Hasil evaluasi product dapat dikategori “cukup baik” dengan nilai rata-rata 2.34 serta dapat dilihat dari hasil observasi dan dokumentasi prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh PS Kerinci. Dari hasil evaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga sepakbola di PS Kerinci maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan dapat dikategorikan “baik” dengan nilai rata-rata 2.80, namun ada beberapa aspek yang “kurang baik” dan “cukup baik”. Aspek tersebut adalah sarana dan prasarana serta pendanaan yang dapat dikategorikan “kurang baik”, dan product yang dapat dikategorikan “cukup baik”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi program, pembinaan prestasi, sepakbola.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:35
Last Modified: 12 Jan 2022 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54056

Actions (login required)

View Item View Item