Efektivitas Penggunaan Media Cabri 3D terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Geometri pada Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Godean

Indriawati, Heni (2017) Efektivitas Penggunaan Media Cabri 3D terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Geometri pada Siswa Kelas VIII SMP Se-Kecamatan Godean. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-heni-indriawati-15707251005.swf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) ada tidaknya perbedaan keefektifan antara kelompok siswa yang menggunaan media Cabri 3D dan media peraga bangun ruang terhadap kemampuan berpikir kreatif; (2) ada tidaknya perbedaan keefektifan kemampuan berpikir kreatif antara kelompok siswa yang menggunakan media Cabri 3D dan media peraga bangun ruang pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah; (3) keefektifan penggunaan media Cabri 3D terhadap kemampuan berpikir kreatif pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan pretest-posttest, non equivalent control group design. Penelitian ini telah dilaksanakan di sekolah yang memiliki kemampuan level tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII SMP N 3, SMP N 2, dan SMP Muhammadiyah 1 Godean pada semester kedua tahun ajaran 2016/2017. Sampel kelas dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 64 siswa SMP N 3, 62 siswa SMP N 2 dan 61 siswa SMP Muhammadiyah 1. Selanjutnya, responden dikelompokan menjadi dua kelompok secara acak. Kelas VIII F, VIII C, dan VIII D diberi perlakuan penggunaan media Cabri 3D serta kelas VIII E, VIII B, dan VIII C diberi perlakuan penggunaan media peraga bangun ruang. Instrumen pengumpulan data meliputi inventori berpikir kreatif dan tes kemampuan berpikir kreatif pada materi bangun ruang sisi datar. Data tes kemampuan berpikir kreatif dianalisis secara kuantitatif yaitu dengan cara melakukan uji t-test dan uji Anova antara nilai posttest kemampuan berpikir kreatif yang pembelajarannya memanfaatkan media Cabri 3D dan media peraga bangun ruang dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif pada kelompok siswa yang menggunakan media cabri 3D secara signifikan lebih baik daripada media peraga bangun ruang; (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan antara penggunaan media Cabri 3D dan media peraga bangun ruang untuk kelompok siswa pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah; (3) ada interaksi pengaruh antara penggunaan media cabri 3D dan kelompok siswa pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Cabri 3D, media peraga bangun ruang, dan kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:11
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54053

Actions (login required)

View Item View Item