Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Setting Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Reflektif, dan Self Regulated Learning Siswa SMP Kelas VIII.

Amirotuz, Diana (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Setting Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Reflektif, dan Self Regulated Learning Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diana-amirotuz-15709251066.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan setting kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dan think pair share (TPS) ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir reflektif, dan self regulated learning siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan yang terdiri dari 5 kelas paralel pada tahun pembelajaran 2016/2017. Kemudian dari 5 kelas tersebut, kelas VIII-A dan VIII-C dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran PBL dengan setting kooperatif tipe NHT dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen yang diberiken model pembelajaran PBL dengan setting kooperatif tipe TPS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir reflektif, dan angket self regulated learning mempunyai tingkat reliabilitas berturut-turut sebesar 0,64, 0,43, dan 0,85. Efektivitas model pembelajaran PBL dengan setting kooperatif tipe NHT dan TPS ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir reflektif, dan self regulated learning dianalisis menggunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan untuk membandingkan kedua pembelajaran mana yang lebih efektif menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa pembelajaran PBL dengan setting kooperatif tipe NHT tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir reflektif, dan self regulated learning. Sedangkan PBL dengan setting TPS tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan self regulated learning namun efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif. Berdasarkan analisis data, tidak ada perbedaan keefektifan antara pembelajaran PBL dengan setting kooperatif tipe NHT dan PBL dengan setting kooperatif tipe TPS ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir reflektif, dan self regulated learning siswa SMP kelas VIII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir reflektif, self regulated learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:55
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54045

Actions (login required)

View Item View Item