Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi dan Minat Belajar Siswa SMP.

Leohani, Ricky Antonius (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi dan Minat Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ricky-antonius-leohani-15709251048.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan pendekatan problem solving yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation ,dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VIII A, 25 siswa kelas VIII B dan guru matematika di SMP Santa Maria. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, angket penilaian siswa, soal tes prestasi belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif skala lima. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan siswa minimal berkategori baik. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika proporsi siswa yang mencapai KKM minimal 75% berdasarkan tes prestasi belajar dan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi 75% berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP dan LKS yang menggunakan pendekatan problem solving berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah, prestasi dan minat belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran juga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket minat belajar siswa. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa proporsi siswa yang mencapai nilai KKM lebih dari 75% yaitu 76%. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan hasil penilaian angket minat belajar menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 75% yaitu 76% dan 82%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran matematika, pendekatan problem solving, prestasi belajar, kemampuan pemecahan masalah, minat belajar siswa.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:32
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54044

Actions (login required)

View Item View Item