Rizqi Elina, Khoirunisa' (2017) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BAWANG GORENG PRODUK ESSER BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Text
TAKS KHOIRUNNISA' RIZKI ELINA.PDF Restricted to Repository staff only until 24 November 2018. Download (5MB) |
Abstract
Perancangan media promosi bawang goreng produk Esser bertujuan untuk membuat desain media promosi yang efektif, efisien, kreatif, dan komunikatif sebagai pusat informasi dan daya tarik produk bawang goreng Esser. Manfaat perancangan desain media promosi bawang goreng produk Esser ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang keberadaan produk bawang goreng Esser serta dapat meningkatkan penjualan. Proses perancangan media promosi bawang goreng Esser melalui tahapan pengumpulan data, baik data verbal maupun data visual dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan menggunakan teknik SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threaths). Data diolah menjadi konsep perancangan media promosi sehingga membentuk satu kesatuan dalam desain. Konsep ide kreatif yang menampilkan kesan lezat dan renyah yang ditampilkan dengan gaya desain modern. Gaya modern ditampilkan dalam bentuk jenis font pada logo. Menampilkan warna merah sebagai warna kunci media promosi bawang goreng Esser yang diharapkan dapat menjadikan daya tarik kepada masyarakat serta memunculkan kesan lezat untuk produk bawang goreng Esser. Sebagai sistem identitas yang membedakan bawang goreng produk Esser dengan produk yang lain digunakan logo, dan ilustrasi. Ilustrasi berupa maskot yang dirancang dengan pendekatan kartunis, bentuk maskot dideformasi dari bentuk dan warna bawang merah. Maskot dan logo digunakan dalam desain berbagai media promosi untuk menjadi ciri khas atau identitas sebuah produk. Tahapan pembuatan media promosi dengan proses membuat rough layout, comprehensive layout, dan complete layout. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa perangkat manual yaitu, pensil, sket book, drawing pen, note book, dan perangkat digital yaitu, kamera, komputer, handphone, scanner. Hasil dari perancangan media promosi berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media). Media utama yang digunakan adalah packaging, packaging dibuat menjadi tiga jenis yaitu packaging kardus, packaging labeling toples, dan packaging labeling plastik. Pada setiap jenis packaging mempunyai penggunaan yang berbeda-beda, sehingga konsumen dapat memilih packaging yang dibeli sesuai kebutuhan. Media pendukung, antara lain poster, roll banner, hanging display, kartu nama, papan nama, celemek, kalender, spanduk, mangkuk.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 06:08 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54043 |
Actions (login required)
View Item |