Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Berorientasi Inquiry Level untuk Memfasilitasi Communication Skills dan Scientific Literacy di SMP.

Septiani, Devi (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa IPA Berorientasi Inquiry Level untuk Memfasilitasi Communication Skills dan Scientific Literacy di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-devi-septiani-15708251012.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa berorientasi pada inquiry level untuk memfasilitasi communication skills dan scientific literacy bagi siswa SMP kelas 7 dalam materi sistem organisasi kehidupan yang valid dan mengetahui perbedaan hasil penggunaannya berdasarkan aspek isi, bahasa, penyajian praktis, dan efektif pada tiga sekolah dengan tingkat kognitif rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Development and Production, Implementation, dan Evaluation. Ujicoba dilakukan pada tiga sekolah yang memiliki nilai UN IPA berbeda selama tiga tahun ajaran. Subjek coba penelitian ini adalah SMPN 2 Depok, SMP IT Masjid Syuhada, dan SMPN 4 Banguntapan. Setiap sekolah menggunakan kelas ujicoba sebanyak dua kelas dengan rincian siswa: 55 siswa SMPN 2 Depok, 50 SMP IT Masjid Syuhada, dan 50 Siswa SMPN 4 Banguntapan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, evaluasi tes dan non tes untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan LKS, kemampuan scientific literacy, communication skills verbal dan nonverbal, dan keterlaksanaan inquiry level dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keefektifan, angket kepraktisan, soal-soal communication skills dan scientific literacy, lembar observasi communication skills dan scientific literacy, dan lembar keterlaksanaan inquiry level. Masukan terhadap LKS hasil pengembangan pada ujicoba pertama digunakan untuk dasar perbaikan LKS pada ujicoba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan komponen LKS yang dominan secara signifikan dapat memfasilitasi communication skills dan scientific literacy siswa. LKS yang dikembangkan ditinjaui dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan, keefektifan, dan kepraktisan menunjukkan kategori sedang. Adapun menurut ahli materi, ahli media, teman sejawat, dan guru IPA secara umum LKS dalam kategori baik. Pembelajaran dengan lembar kegiatan siswa IPA berorientasi inquiry level yang dikembangkan dapat digunakan pada seluruh sekolah meski memiliki jenjang kognitif berbeda secara signifikan pada Hotteling.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan LKS, inquiry level, communication skills, scientific literacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2017 07:01
Last Modified: 09 May 2019 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54042

Actions (login required)

View Item View Item