PENGARUH VARIASI KONSENTRASI NANOMATERIAL GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR ABU SEKAM PADI TERHADAP POROSITAS DAN UJI KUAT TEKAN BATU BATA RINGAN JENIS CELLULAR LIGHTWEIGHT CONCRETE

Aryono, Ardi and WS. Brams, Dwandaru (2017) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI NANOMATERIAL GRAPHENE OXIDE BERBAHAN DASAR ABU SEKAM PADI TERHADAP POROSITAS DAN UJI KUAT TEKAN BATU BATA RINGAN JENIS CELLULAR LIGHTWEIGHT CONCRETE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL ARDI.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh sintesa graphene oxide (GO) dari bahan abu sekam padi dengan metode liquid sonification exfoliation (LSE) menggunakan tweeter ultrasound graphene oxide generator (TUGG) dan mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi GO pada batu bata ringan terhadap porositas dan kuat tekannya. Sintesa GO yang diperoleh dikarakterisasi dengan menggunakan Spektrofotometer UV-Vis dengan melihat puncak absorbansi pada daerah panjang gelombang 230-270 nm. Karakterisasi GO dari berbahan abu sekam padi dengan menggunakan Spektrofotometer UV-Vis. Penelitian ini dimulai dengan membuat larutan surfaktan yang dicampur abu sekam padi dimana larutan dibuat dengan variasi konsentrasi 0,005 gr/ml; 0,01 gr/ml; 0,015 gr/ml; 0,02 gr/ml; dan 0,025 gr/ml. Kemudian sampel disintesia dengan metode LSE menggunakan TUGG selama 5 jam. Setelah diultrasonikasi selama 5 jam sampel larutan kemudian didiamkan semalam agar beberapa lapis GO terpisah dari kumpulan lapis abu sekam padi. Sampel GO abu sekam padi diuji menggunakan spektrofotometer UV-Vis untuk mengetahui adanya lapisan GO. Kemudian larutan GO abu sekam padi dicampurkan ke dalam air, pasir semen, dan foam. Kemudian dicetak dengan ukuran (5×5×5) cm3, dan dilakukan pengeringan. Batu bata ringaan ukuran (5×5×5) cm3 yang dihasilkan kemudian diuji porositas dan kuat tekannya untuk mengetahui pengaruh penambahan GO terhadap campuran batu bata ringan tersebut. Hasil UV-Vis GO abu sekam padi menunjukkan bahwa konsentrasi 0,025 gr/ml menghasilkan GO dengan jumlah paling banyak dibandingkan konsentrasi lainnya. Penambahan larutan GO abu sekam padi tidak berpengaruh terhadap porositas batu bata ringan. Porositas batu bata ringan bertambah karena surfaktan pada larutan GO menambah jumlah foam pada saat proses pencampuran bahan batu bata ringan, sehingga batu bata ringan menjadi lebih ringan. Kuat tekan batu bata ringan menjadi lebih tinggi akibat penambahan GO abu sekam padi. Karena GO akan memperkuat struktur pori-pori batu bata ringan. Kuat tekan tertinggi diperoleh pada penambahan GO konsentrasi 0,015 gr/ml dengan nilai 6,25 Mpa yang menghasilkan porositas 28,16 % dan berat 155,5 gram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: graphene oxide, liquid sonification exfoliation, abu sekam padi, UVVis, porositas, kuat tekan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:04
Last Modified: 30 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54040

Actions (login required)

View Item View Item