PERBANDINGAN SIFAT OPTIK CARBON NANODOTS BERBAHAN DASAR GULA PASIR DAN AIR JERUK DENGAN METODE SINTESIS HYDROTHERMAL DAN MICROWAVE

Bilqis, Silma Maula and Isnaeni, Isnaeni and Brams, Wispar Sunu (2017) PERBANDINGAN SIFAT OPTIK CARBON NANODOTS BERBAHAN DASAR GULA PASIR DAN AIR JERUK DENGAN METODE SINTESIS HYDROTHERMAL DAN MICROWAVE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) membandingkan sifat optik C-dots berbahan dasar gula pasir dengan metode hydrothermal dan microwave dan (2) membandingkan sifat optik C-dots berbahan dasar air jeruk dengan metode hydrothermal dan microwave. Penelitian ini menghasilkan empat buah sampel larutan C-dots berbahan dasar gula pasir dan air jeruk. Larutan gula pasir dan air perasan jeruk yang terbentuk disintesis dengan metode hydrothermal dan microwave. Hasil sintesis dari kedua metode dari masing-masing bahan dikarakterisasi menggunakan spektrofotometer UV-Vis, Photoluminescence (PL), Time-Resolved Photoluminescence (TRPL), Transmission Electron Microscopy (TEM) dan Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR). Sintesis C-dots larutan gula pasir dengan metode hydrothermal dan microwave memiliki hasil penampakan dan karakterisasi yang berbeda. Hasil karakterisasi UVVis kedua metode menghasilkan puncak absorbsi pada panjang gelombang yang berbeda. Hasil karakterisasi PL menghasilkan emisi pada panjang gelombang puncak serta lebar grafik yang berbeda. Hasil TRPL menunjukkan waktu luruh elektron pada C-dots metode microwave lebih cepat luruh dibandingkan pada metode hydrothermal. Hasil karakterisasi tersebut menunjukkan C-dots larutan gula pasir yang dihasilkan dengan metode microwave memiliki surface states yang dominan dibandingkan pada metode hydrothermal. Hasil TEM kedua metode menghasilkan C-dots dengan ukuran yang berbeda. Hasil FTIR menunjukkan larutan C-dots telah berhasil dibuat dari bahan dasar gula pasir dengan adanya gugus fungsi C=C. Hasil sintesis dan karakterisasi C-dots larutan jeruk dengan metode hydrothermal dan microwave memiliki kesimpulan yang sama dengan hasil C-dots larutan gula pasir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: C-dots, metode hydrothermal, metode microwave
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54037

Actions (login required)

View Item View Item