ANALISIS PENGARUH OVEREDUCATION DAN UNDEREDUCATION TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KERJA SEKTORAL DI INDONESIA

Yannisa, Adia Rahma Yannisa (2017) ANALISIS PENGARUH OVEREDUCATION DAN UNDEREDUCATION TERHADAP PENDAPATAN TENAGA KERJA SEKTORAL DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Adia Rahma Y_13804247002_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Overeducation dan Undereducation terhadap pendapatan tenaga kerja sektoral di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan merupakan pengembangan dari model penghasilan pekerja. Data yang digunakan merupakan data Sakernas tahun 2015 dengan 199905 sampel terpilih. Data yang dianalisis adalah data tentang pendapatan, tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin, jam kerja, overeducation dan undereducation di Indonesia. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin, jam kerja, overeducation dan undereducation berpengaruh terhadap pendapatan. Tingkat pendidikan berpengaruh terhadap pendapatan. Semakin tinggi tingkat pendidikan tenaga kerja semakin tinggi tingkat pendapatannya. Tenaga kerja laki-laki memiliki tingkat pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan tenaga kerja perempuan. Usia berpengaruh terhadap pendapatan tenaga kerja. Jam kerja berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan tenaga kerja. Overeducation dan undereducation berpengaruh terhadap pendapatan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, tingkat pendidikan, jenis kelamin, usia, jam kerja, overeducation dan undereducation.
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 24 Nov 2017 06:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54018

Actions (login required)

View Item View Item