PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI MENGENAI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMK NEGERI SE KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Widanarko, Pandu (2017) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI MENGENAI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMK NEGERI SE KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru kurang melakukan evaluasi pembelajaran terutama saat pelaksanaan pembelajaran di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi guru mengenai evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Subjek penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket yang saya gunakan merupakan instrument yang disusun peneliti sendiri dan sudah melalui tahapan validasi ahli dan uji coba. Uji Reliabelitas angket menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh koefisien reliabelitas sebesar 0,812 dan pada Uji Validitas dari 37 butir pernyataan yang diperoleh 36 butir yang valid dengan nilai validi tas rata – rata = 0,374. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian persepsi guru mengenai evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul ini menunjukkan bahwa 2 orang atau 6,06% masuk ke dalam kriteria sangat tinggi, 6 orang atau 18% masuk kategori tinggi, 11 orang atau 33,33% masuk ke dalam kriteia sedang, 13 orang atau 39,39% dalam kriteria rendah dan 1 orang atau 3,03% dalam kriteria sangat rendah. Pada faktor kognitif guru terkait penilaian bagian dari kompetensi pedagogik berada pada kategori sedang dengan presentase 33,33%, faktor tiga aspek penilaian dalam evaluasi Penjas berada pada kategori sedang dengan presentase 57,58%, dan faktor mekanisme evaluasi pada kategori rendah dengan presentase 39,39%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru pendidikan jasmani, evaluasi, pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Feb 2018 02:40
Last Modified: 11 Mar 2019 06:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54007

Actions (login required)

View Item View Item