Erischa Nurul, Ma’ruf (2017) PEMAHAMAN GURU TERHADAP KARAKTERISTIK GAMBAR ANAK TK KELOMPOK B SE-KECAMATAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.
Text
Erischa Nurul Ma'ruf_13111241034.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa pemahaman guru terkait karakteristik gambar anak TK kelompok B se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan jenis data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan pertanyaan tertutup. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala Guttman dengan 2 alternatif jawaban, terdiri atas 24 butir pernyataan. Penelitian ini merupakan penelitian sampel jenuh dimana sampel dalam penelitian ini adalah guru TK kelompok B se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 54 guru. Pemahaman guru terkait karakteristik gambar anak TK kelompok B se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta yang mencakup wawasan guru terkait pengertian menggambar dan pembinaannya, wawasan guru terkait tipe gambar anak, wawasan guru terkait periode perkembangan anak TK kelompok B dalam menggambar, dan wawasan guru terkait kesan ruang hasil gambar anak dapat disimpulkan dengan persentase 13 guru (24,1%) termasuk pada kategori baik, 37 guru (68,5%) termasuk pada kategori cukup, dan 4 guru (7,4%) pada kategori kurang baik. Sehingga rata-rata keseluruhan dari pemahaman guru terkait karakteristik gambar anak TK kelompok B masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 68,5%. Kata kunci: pemahaman, gambar, guru, taman kanak-kanak
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 20 Nov 2017 02:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/54005 |
Actions (login required)
View Item |