EFEKTIVITAS TOPURAK UNTUK MENINGKATKAN RANGE OF MOTION SENDI BAHU PADA PENDERITA FROZEN SHOULDER PASIEN KLINIK TERAPI MASASE CEDERA OLAHRAGA MAFAZA

Susanto, Edi (2017) EFEKTIVITAS TOPURAK UNTUK MENINGKATKAN RANGE OF MOTION SENDI BAHU PADA PENDERITA FROZEN SHOULDER PASIEN KLINIK TERAPI MASASE CEDERA OLAHRAGA MAFAZA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_EDI SUSANTO_10603141049.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas manipulasi Topurak dalam meningkatkan range of motion (ROM) sendi bahu pada penderita kaku dan nyeri bahu (frozen shoulder). Penelitian dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus frozen shoulder sebanyak 30% pada pasien di klinik terapi masase cedera olahraga mafaza. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design. Subjek penelitian berjumlah 30 orang yang diambil secara insidental pada pasien klinik terapi masase cedera olahraga mafaza selama bulan Mei sampai dengan Agustus tahun 2017. Sebelum dan sesudah pelaksanaan, pasien diukur range of motion (ROM) baik pada saat fleksi, ektensi, adduksi, abduksi, endorotasi, dan eksorotasi dengan Goniometri. Perlakuan Topurak diterapkan dalam sekali terapi dengan cara : penotokan pada 10 titik sekitar bahu, tapotement diseluruh permukaan punggung, bahu, dan lengan. Tiga macam gerakan di terapkan setelah totok dan pukul. Hasil uji beda rata-rata (uji-t) Range of Motion (ROM) pretest-postest adanya peningkatan ROM yang signifikan (p<0,05). Efektivitas peningkatan ROM berturut-turut adalah fleksi 14,79%, ekstensi 9,07%, adduksi 11,19%, abduksi 19,69%, endorotasi 7,65%, dan eksorotasi 7,46%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari Topurak terhadap peningkatan range of motion sendi bahu pada penderita frozen shoulder.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Topura, Frozen Shoulder, Range of Motion, Sendi bahu
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53994

Actions (login required)

View Item View Item