Perangkat Pembelajaran Matematika SMK Kelautan Kelas X Semester Genap dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berorientasi pada Penalaran, Koneksi, dan Rasa Ingin Tahu Siswa

Ralmugiz, Uke (2017) Perangkat Pembelajaran Matematika SMK Kelautan Kelas X Semester Genap dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Berorientasi pada Penalaran, Koneksi, dan Rasa Ingin Tahu Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-uke-ralmugiz -15709251052.swf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika untuk siswa SMK Kelautan kelas X semester genap dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berorientasi pada penalaran, koneksi, dan rasa ingin tahu siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu (1) preliminary research, (2) development or prototyping phase, dan (3) assessment phase. Uji coba penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Kupang pada kelas X Jurusan Pelayaran dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Instrumen penilaian kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar validasi. Instrumen penilaian kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen penilaian keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari instrumen tes penalaran dan koneksi siswa, dan angket rasa ingin tahu siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mengonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian, skor tes siswa, dan angket menjadi data kualitatif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika untuk siswa SMK Kelautan kelas X semester genap dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang berorientasi pada penalaran, koneksi, dan rasa ingin tahu siswa berupa RPP dan LKS. Kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil penilaian validator yang menunjukkan skor rata-rata penilaian RPP mencapai 117,5 dengan kategori sangat valid, dan skor rata-rata penilaian terhadap LKS mencapai 118,5 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil penilaian guru yang berada pada kriteria sangat praktis dengan skor 96, hasil penilaian siswa yang berada pada kriteria sangat praktis dengan perolehan skor 88,43, serta rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai 88,69%. Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari hasil tes penalaran yang menunjukkan bahwa sebanyak 78,57% siswa tuntas KKM, selanjutnya untuk tes koneksi sebanyak 85,71% siswa tuntas KKM, sementara itu untuk angket rasa ingin tahu sebanyak 78,57% siswa memiliki tingkat rasa ingin tahu minimal baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan RME, penalaran, koneksi, rasa ingin tahu
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2017 05:41
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53987

Actions (login required)

View Item View Item