Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Teks Prosedur Melalui Pendekatan Berbasis Genre pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salaman Kabupaten Magelang

Windarini, Titik (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Teks Prosedur Melalui Pendekatan Berbasis Genre pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salaman Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titik-windarini-15715254004.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan kemampuan membaca teks prosedur melalui pendekatan berbasis genre pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salaman, dan (2) peningkatan kemampuan menulis teks prosedur melalui pendekatan berbasis genre pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salaman. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada langkah yang dikembangkan Kemmis dan Taggart. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) perencanaan, (b) tindakan,(c) observasi dan (d) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Salaman yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan pedoman lembar penilaian, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analisis tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses pembelajaran membaca dan menulis teks prosedur. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa, antusiasme, dan rasa percaya diri dari siswa saat pembelajaran. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan hasil belajar membaca teks prosedur dari siklus I hingga siklus III. Ketuntasan belajar pada membaca teks prosedur pada siklus I adalah 50%, pada siklus II meningkat menjadi 100%, pada siklus III ketuntasan belajar 100%. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan hasil belajar menulis teks prosedur dari pratindakan, siklus I hingga siklus III. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus I meningkat menjadi 64,29%, pada siklus II meningkat menjadi 89,29%, pada siklus III meningkat menjadi 100%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan berbasis genre, membaca, menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2017 05:37
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53986

Actions (login required)

View Item View Item