Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Mungkid

Susana, Ismayani (2017) Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Mungkid. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismayani-susana-15715254005.swf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan motivasi, proses pembelajaran, dan keterampilan menulis karya ilmiah dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Mungkid, Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang mencakup tiga komponen penelitian dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Mungkid dengan subjek penelitian keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas IX yang berjumlah 32 orang. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran menulis karya ilmiah dengan metode pembelajaran berbasis masalah pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Mungkid mampu meningkatkan motivasi peserta didik dalam menulis karya ilmiah dengan ditunjukkan adanya peningkatan hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan keinginan belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, perasaan kegiatan yang menarik dalam belajar, dan perasaan lingkungan belajar yang kondusif; (2) penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis karya ilmiah dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah peserta didik siswa, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai keterampilan menulis karya ilmiah dari kondisi Siklus I 79,22 menjadi 83,75 pada Siklus II sehingga terjadi peningkatan 4,53; dan (3) penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran menulis karya ilmiah dapat mengubah sikap/perilaku siswa ke arah positif, antara lain sikap percaya diri, dapat bekerja sama, dan jujur.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, keterampilan menulis, karya ilmiah, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2017 05:32
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53985

Actions (login required)

View Item View Item