Membaca dan Menulis Cerpen Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas IX SMP N 2 Windusari Magelang

Fahrurozi, Fahrurozi (2017) Membaca dan Menulis Cerpen Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas IX SMP N 2 Windusari Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fahrurozi-15715254003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatan kemampuan membaca cerpen dalam rangka mengidentifikasi dan memahami unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, dan (2) meningkatkan kemampuan menulis cerpen menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun tahapan masing-masing siklus meliputi (1) perencanan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP N 2 Windusari Kabupaten Magelang yang terlibat dalam proses pembelajaran membaca dan menulis cerpen dengan model cooperative integrated reading and composition. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran membaca dan menulis cerpen dengan model cooperative integrated reading and composition. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) teknik tes, untuk kompetensi membaca cerpen meliputi tes mengidentifikasi unsur intrinsik dan tes menceritakan/ menuliskan kembali isi cerpen dengan kalimat sendiri, sedangkan untuk kompetensi menulis cerpen adalah menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dan (2) teknik nontes yang meliputi observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. (1) Model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis cerpen siswa kelas IX. B SMP Negeri 2 Windusari Magelang. (2).Peningkatan produk/ hasil terlihat dari selalu meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh dari setiap siklus. Dalam pembelajaran membaca cerpen pada tahap pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 68,00. Pada siklus I meningkat menjadi 74,70 dan pada siklus II sebesar 84,60. Jadi terjadi peningkatan sebesar 17,60 jika dilihat dari pratindakan sampai siklus II, dalam pembelajaran menulis cerpen pada tahap pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 65,00. Pada siklus I meningkat menjadi 68,00 dan pada siklus II sebesar 78,00. Jadi terjadi peningkatan sebesar 10,00 jika dilihat dari pratindakan sampai siklus II, (3) Peningkatan proses dapat dilihat dari persentase perubahan sikap dan perilaku siswa yang meliputi keantusiasan, keaktifan, dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran selalu meningkat dalam setiap siklus. Peningkatan proses juga tampak pada kualitas pembelajaran yakni dari keintensifan, kekondusifan dan keterbangunan suasana belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: membaca, menulis, cerpen, model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Nov 2017 05:28
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53984

Actions (login required)

View Item View Item