Pengembangan Materi Tambahan Menulis Bahasa Ingris untuk Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK N 01 Karangdadap

Widodo, Ajeng Ramdhani Savitri (2017) Pengembangan Materi Tambahan Menulis Bahasa Ingris untuk Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK N 01 Karangdadap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ajeng-ramdhani-savitri-widodo-14716251041.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kebutuhan siswa program study Administrasi Perkantoran di SMK N 01 Karangdadap dan mengembangkan materi tambahan menulis bahasa Inggris yang sesuai. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Dick, Carry dan Carry (3005) dan Branch (2009). Pegembangan ini terdiri dari lima langkah yaitu menganalisis, merancang, mengembangkan, mengevaluasi, dan menerapkan. Responden dalam penelitian ini meliputi seorang ahli materi bahasa Inggris, seorang ahli grafik, seorang guru bahasa Inggris, dan 75 siswa kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran untuk analisis kebutuhan dan uji coba lapangan. Data diperoleh melalui observasi kelas, wawancara dan survei. Instrument pengumpulan data meliputi acuan wawancara, lembar validasi untuk ahli, dan kuesioner untuk siswa. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif. Hasil dari analisis kebutuhan siswa menyatakan bahwa siswa membutuhkan untuk memiliki materi tambahan menulis Bahas Inggrs khusushnya menggunakan tema perkantoran. Hasil lainnya adalah dari dua jenis uji lapangan menunjukkan bahwa materi tambahan menulis bahasa Inggris layak untuk digunakan karena nilai rata-rata 4.17 hingga 5.35 pada skala Likert 5 sampai 1. Kelayakan materi dilihat dari dua aspek: desain unit dan komponen task. Desain unit yang layak mengacu pada urutan pembelajaran yang digunakan pada KTSP, yaitu Focus on the Topic, Focus on Prewriting, Focus on Writing, Other Writing Topics, dan Just for Fun. Tambahan aspek pada akhir unit adalah refleksi. Ada enam komponen task yang layak. Pertama, tujuan siswa mempelajari menulis bahasa Inggris adalah untuk menguasai komunikasi tertulis sehari-hari dan tempat kerja. Lalu, input menyediakan tamahan informasi tentang topic yang dapat dipahami siswa. Activity berupa tugas yang menyediakan contoh teks bagi siswa untuk menulis. Peran siswa adalah sebagai pendengar sedangkan peran guru sebagai asisten. Terakhir, setting berupa tugas grup dan individu

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan materi tambahan, kemampuan menulis, program studi Administrasi Perkantoran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 86 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2017 05:21
Last Modified: 29 Jan 2019 12:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53983

Actions (login required)

View Item View Item