Pemanfaatan Alat Facial Electric Dalam Menunjang Kompetensi Perawatan Wajah Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan.

Tarigan, Christine Ulina (2017) Pemanfaatan Alat Facial Electric Dalam Menunjang Kompetensi Perawatan Wajah Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-christine-ulina-tarigan-15723251003.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : (1) hal-hal yang mendukung pemanfaatan alat facial electric, (2) pemanfaatan alat facial electric, dan (3) pencapaian kompetensi perawatan wajah dengan menggunakan alat listrik (facial electric). Penelitian dilaksanakan menggunakan metode survei, jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur penelitian meliputi : (1) perencanaan, (2) uji coba instrumen dan revisi, (3) reliabilitas uji konsistensi internal, dan (4) validitas isi instrumen penelitian. Ujicoba instrumen sebanyak 30 orang mahasiswa Prodi Tata Rias Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian antara lain : (1) Dosen Mata Kuliah praktik perawatan wajah dengan menggunakan alat listrik (facial electric) sebanyak satu orang, dan (2) Mahasiswa semester tiga Prodi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Medan sebanyak 60 orang. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian antara lain : (1) hal-hal yang mendukung, (2) pemanfaatan alat facial electric, (3) pencapaian kompetensi perawatan wajah dengan menggunakan alat listrik (facial electric). Hasil penelitian mendeskripsikan : pemanfaatan alat facial electric termasuk kategori optimal (58,34%). Hal-hal yang mendukung pemanfaatan alat facial electric, antara lain : (1) jumlah alat untuk keseluruhan mahasiswa sudah memadai, (2) jenis-jenis alat tergolong lengkap, (3) setiap alat facial electric sudah tersedia petunjuk penggunaan, (4) pemanfaatan alat facial electric untuk studi lapangan lebih dari tiga kali setiap semester. Kelengkapan alat facial electric termasuk optimal, namun hanya enam unit yang dapat dipergunakan untuk setiap pelaksanaan praktikum, karena keterbatasan luas ruangan praktikum. Sebanyak 53,33% mahasiswa dikategorikan Kompeten, dan sebanyak 46,66% mahasiswa Tidak Kompeten. Pelaksanaan studi lapangan berdampak pada wawasan dan keterampilan memanfaatkan alat facial electric.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: facial electric, perawatan wajah, kompetensi mahasiswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:53
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53974

Actions (login required)

View Item View Item