Analisis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Matematika SMA di Kabupaten Kulon Progo.

Nugraheni, Theresia Veni Tri (2017) Analisis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Matematika SMA di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-theresia-veni-tri-nugraheni-15709251090.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan PKB dan kendala pelaksanaan PKB pada aspek peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan, dan penyebarluasan pengetahuan, (2) kompetensi guru, (3) praktik pembelajaran, dan (4) keterkaitan antara PKB terhadap kompetensi guru dan praktik pembelajaran guru matematika SMA di Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode campuran (mixed method), dengan desain penelitian convergent parallel design. Subjek penelitian adalah seluruh guru SMA peserta UKG matematika tahun 2015 di Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 33 guru. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu menggunakan analisis data deskriptif dimana analisis data kuantitatif terdiri dari (1) teknik pengkategorian dan (2) Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), sedangkan analisis data kualitatif terdiri: (1) teknik pengkategorian dan (2) reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan PKB guru matematika SMA di Kabupaten Kulon Progo masih sangat kurang, yaitu dengan persentase skor 19,18%. Rincian keterlaksanaan PKB untuk setiap aspek, sebagai berikut (1) persentase skor keterlaksanaan PKB pada aspek peningkatan pengetahuan masih kurang (34,85%), (2) persentase skor keterlaksanaan PKB pada aspek peningkatan keterampilan masih sangat kurang (21,69%), dan (3) persentase skor keterlaksanaan PKB pada aspek penyebarluasan pengetahuan masih sangat kurang (1,01%). Kendala yang paling banyak dialami guru dalam melaksanakan PKB, antara lain belum ada motivasi dalam diri, belum memiliki ide, kurang menguasai bahasa Inggris, dan keterbatasan literatur. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kompetensi dan praktik pembelajaran guru matematika SMA di Kabupaten Kulon Progo, masing-masing secara berurutan berada dalam kategori cukup dan baik. Selain itu, berdasarkan hasil PLS-SEM diperoleh bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara PKB terhadap kompetensi guru matematika SMA di Kabupaten Kulon Progo dengan nilai prediksi sebesar 0,360 dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara PKB terhadap praktik pembelajaran guru matematika SMA di Kabupaten Kulon Progo dengan nilai prediksi sebesar 0,402

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), keterlaksanaan PKB, kendala PKB, kompetensi guru, praktik pembelajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2017 04:20
Last Modified: 09 May 2019 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53972

Actions (login required)

View Item View Item