Pengaruh Metode Latihan Drill dan Koordinasi terhadap Ketepatan Chest Pass Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket Sekolah Menengah Atas

Syarifuddin, Syarifuddin (2017) Pengaruh Metode Latihan Drill dan Koordinasi terhadap Ketepatan Chest Pass Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syarifuddin-15711251074.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode latihan drill passing sasaran tetap dan metode latihan drill passing sasaran berubah terhadap ketepatan chest pass siswa ekstrakurikuler bola basket sekolah menengah atas, (2) perbedaan pengaruh koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap ketepatan chest pass siswa ekstrakurikuler bola basket sekolah menengah atas, dan (3) interaksi antara metode latihan drill passing sasaran tetap dan metode latihan drill passing sasaran berubah dan koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap ketepatan chest pass siswa ekstrakurikuler bola basket sekolah menengah atas. Metode latihan ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler SMA Negeri di Surabaya yang berjumlah 43 siswa. Sampel penelitian ini 24 siswa yang diambil dengan teknik random. Instrumen untuk mengukur koordinasi mata tangan adalah tes lempar tangkap bola tenis. Instrumen untuk mengukur ketepatan chest pass bola basket adalah AAHPERD Basketball Passing Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0.05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara metode latihan drill passing sasaran tetap dan metode latihan drill passing sasaran berubah terhadap ketepatan chest pass siswa ekstrakurikuler bola basket sekolah menengah atas, terbukti dari nilai F = 8.077 dan nilai p = 0.010 < 0.05. Metode latihan drill passing sasaran berubah lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan drill passing sasaran tetap, (2) ada perbedaan pengaruh antara siswa yang mempunyai koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap ketepatan chest pass siswa ekstrakurikuler bola basket sekolah menengah atas, terbukti F = 68.150 dan nilai p = 0.000 < 0.05. Siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah, dan (3) ada interaksi antara metode latihan drill passing sasaran tetap dan passing sasaran berubah terhadap ketepatan chest pass siswa ekstrakurikuler bola basket sekolah menengah atas, terbukti dari nilai F = 15.403 dan nilai p = 0.001 < 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode latihan drill, koordinasi mata tangan, ketepatan chest pass
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:49
Last Modified: 09 May 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53971

Actions (login required)

View Item View Item