Rifa'i, Asep Tatan (2017) Analisis Proses Penyelesaian Soal Cerita Siswa SMP di Daerah 3T. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-asep-tatan-rifa'i-15709259012.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan dan strategi yang dilakukan siswa dalam proses penyelesaian soal cerita siswa sekolah menengah pertama di daerah 3T pada pelajaran matematika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian survei dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP berkategori tertinggal di Kabupaten Garut sebanyak 9 sekolah dengan jumlah sebanyak 408 siswa. Sampel diambil sebanyak 81 siswa dari empat sekolah dengan siswa berkategori tinggi, sedang dan rendah masing-masing katagori sebanyak 27 siswa. Sampel dalam penelitian ini digunakan adalah random samplingproportional. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis uraian sebanyak 5 item soal dalam bentuk soal cerita, dimana pada setiap item soal terdapat enam tahapan proses penyelesaian. Selain itu dilengkapi dengan wawancara untuk memperjelas strategi yang digunakan dalam proses penyelesaian soal cerita. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil tes dilengkapi dengan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan yang dikerjakan oleh siswa dalam proses penyelesaian soal cerita yaitu: siswa mampu menuliskan apa yang diketahui dari masalah sebesar 96,30%; menuliskan apa yang ditanyakan dari masalah sebesar 94,08%; menuliskan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah sebesar 48,89%; menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah-langkah dan membuat kesimpulan sesuai dengan pertanyaan sebesar 59,26%; mengecek kembali solusi yang diperoleh menggunakan cara lain sebesar 51,85%; dan membuat kesimpulan sesuai dengan pertanyaan sebesar 48,89%. Strategi yang digunakan siswa pada proses penyelesaian soal cerita pada materi aritmetika sosial, bilangan bulat, dan sistem persamaan linier dua variabel, sebagian besar siswa dengan memecah tujuani. Untuk materi himpunan, strategi yang digunakan sebagian besar siswa adalah dengan membuat diagram. Sedangkan dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan materi segi empat, strategi yang digunakan sebagian besar siswa yakni dengan mencoba pada soal yang lebih sederhana.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses penyelesaian, soal cerita |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Nov 2017 03:37 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |