IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KABUPATEN KUDUS

Sischa, Ardiani (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA DALAM MENGHADAPI PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA SMA DI WILAYAH KABUPATEN KUDUS. S1 thesis, UNY.

[img] Text
IMPLEMENTASI_PEMBELAJARAN_KIMIA_DALAM_MENGHADAPI_PELAKSANAAN_KURIKULUM_TINGKAT_SATUAN_PENDIDIKAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui:(1) implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada SMA di Wilayah Kabupaten Kudus, ditinjau dari aspek pesiapan; pelaksanaan, dan penilaian, (2) kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran kimia untuk menghadapi pelaksanaan KTSP pada SMA di Wilayah Kabupaten Kudus, serta (3) kendala-kendala yang dihadapi guru-guru kimia pada SMA di Wilayah Kabupaten Kudus dalam menghadapi pelaksanaan KTSP dalam aspek persiapan, pelaksanaan, penilaian. Populasi penelitian ini adalah SMA di Wilayah Kabupaten Kudus. Pengambilan sampel dilakukan secara area purposive sampling, yaitu sembilan SMA yang ada di Wilayah Kabupaten Kudus. Responden penelitian adalah seluruh guru kimia yang ada di SMA tersebut sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala perbedaan semantik (semantic differential scale) dengan lima alternatif jawaban sebanyak 50 butir untuk implementasi pembelajaran kimia, 20 butir untuk sarana dan prasarana, serta angket terbuka untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran kimia. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif, yaitu mengumpulkan hasil kuesioner dengan teknik persentase. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa tingkat implementasi pembelajaran kimia dalam menghadapi pelaksanaan KTSP adalah tinggi (77,42%). Hal ini didukung oleh sarana dan prasarana kategori sedang (65,05%). Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala yang di hadapi guru kimia pada tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian, seperti kesulitan pengerjaan perangkat pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran kimia, dan keterbatasan waktu yang ada untuk menilai tiga aspek penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5397

Actions (login required)

View Item View Item