Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Berorientasi HOTS

Diali, Masmahmud (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Berorientasi HOTS. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-musmahmud-diali-15709259010.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text
produk-musmahmud-diali.swf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP Kelas VIII dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas RPP, LKS dan Instrumen tes HOTS. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp dengan tahapan meliputi: (1) penelitian pendahuluan, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap penilaian. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen tes HOTS. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kendari. Data hasil penelitian dianalisis untuk menentukan kategori kualitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Analisis data tersebut dibagi menjadi 3 kriteria yaitu analisis kevalidan perangkat pembelajaran, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika penilaian ahli dari RPP dan LKS memenuhi klasifikasi baik dan instrumen tes HOTS dinyatakan valid berdasarkan penilaian ahli. Kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran dikatakan praktis apabila penilaian guru dan penilaian siswa berada pada kategori baik, rencana pelaksanaan pembelajaran terlaksana minimal 80%, sedangkan keefektifan perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika ketuntasan pembelajaran lebih dari 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuh kriteria valid dengan rata- rata skor validasi RPP yaitu 3,7 (baik) dari skor maksimum 5; rata-rata skor validasi LKS 3,7 (baik) dari skor maksimum 5; dan instrumen tes HOTS valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor penilaian kepraktisan oleh guru 4,81 (sangat praktis), rata-rata skor penilaian kepraktisan oleh siswa 4,23 (sangat praktis) dari skor maksimum 5, dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 95%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari HOTS siswa efektif dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 72% dengan rata-rata skor HOTS siswa mencapai 73,3 (baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran matematika, problem based learning, higher order thinking skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:07
Last Modified: 09 May 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53969

Actions (login required)

View Item View Item