PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KENDAL(Cordia dichotoma)SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENGENDALI HAMA Spodoptera litura F PADA TANAMAN SAWI CAISIM (Brassica juncea (L.))

Reviantika, Fentty (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KENDAL(Cordia dichotoma)SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENGENDALI HAMA Spodoptera litura F PADA TANAMAN SAWI CAISIM (Brassica juncea (L.)). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan preventif dan kuratif pemberian ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) terhadap persentase mortalitas larva Spodoptera litura F, persentase pupa Spodoptera litura F, tingkat kerusakan tanaman sawi caisim (Brassica juncea (L.)), dosis ekstrak daun kendal(Cordia dichtoma) yang berpengaruh optimal sebagai pengendali hama Spodoptera Litura F.Jenis Penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Eksperimen dengan 2 perlakuan yaitu preventif dan kuratif, 5 variasi dosis dan 5 kali pengulangan. Objek penelitian ini adalah 250 ekor larva instar III Spodoptera litura F yang diperoleh dari perkebunan tanaman sawi caisim di jl.Ketep,Ketep,Sawangan, Magelang,Jawa Tengah. Ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) dibuat dari 1000 gram daun kendal segar yang dicampur dengan 10 ml alkohol 95% dan 1000 ml air dan didiamkan selama 24 jam. Starter ekstrak daun kendal diencerkan menjadi 5 variasi dosis yaitu 0%, 10%, 20%, 25% dan pestisida sintetik. Penginfeksian hama dilakukan pada tanaman sawi yang berumur 21 hari setelah tanam yang ditanam di green house FMIPA UNY. Hama diinfeksikan pada tanaman sawi masing-masing 5 ekor larva Spodoptera litura F. Hasil uji statistik Oneway Anova pada pengamatan pertama dan ke dua pada perlakuan kuratif diperoleh p=0,00<0,005, dan pada pengamatan ke dua dan ke tiga perlakuan preventif diperoleh p=0,18 dan p=0,000<0,005 artinya terdapat perbedaan yang nyata ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) terhadap mortalitas larva Spodoptera litura F. Hasil uji statistik Oneway Anova pada pengamatan ke dua pada perlakuan kuratif yaitu 0,01 dan pada pengamatan ke tiga perlakuan preventif diperoleh p=0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan yang nyata ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) terhadap persentase pupa Spodoptera litura F. Pemberian ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) memberikan pengaruh terhadap tingkat kerusakan tanaman sawi caisim. Ekstrak daun kendal (Cordia dichotoma) pada dosis 25% merupakan dosis efektif mengakibatkan kematian larva di atas 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cordia dichotoma, Spodoptera litura F.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53967

Actions (login required)

View Item View Item