SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN ELEKTROLIT SELULOSA ASETAT DARI DAUN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius) DENGAN PEMLASTIS MINYAK JAGUNG UNTUK APLIKASI BATERAI ION LITHIUM

Hidayati, Afrilia (2017) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN ELEKTROLIT SELULOSA ASETAT DARI DAUN PANDAN LAUT (Pandanus tectorius) DENGAN PEMLASTIS MINYAK JAGUNG UNTUK APLIKASI BATERAI ION LITHIUM. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Afrilia Hidayati_.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi minyak jagung terhadap sifat mekanik membran dan pengaruh konsentrasi LiCl terhadap nilai konduktivitas dan karakter membran elektrolit selulosa asetat ditinjau dari gugus fungsi dan foto permukaannya. Selulosa hasil isolasi daun pandan laut diasetilasi menggunakan asam asetat anhidrida, asam asetat glasial, dan katalis H2SO4. Pembuatan membran dengan penambahan pemlastis minyak jagung komposisi 0-100, 2-98, 4-96, 6-94, 8-92, dan 10- 90 dan didoping LiCl dengan variasi konsentrasi 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 35%. Pendopingan dilakukan dengan metode casting larutan polimer. Nilai konduktivitas membran elektrolit selulosa asetat diperoleh dari Elkahfi 100. Sifat mekanik dianalisis menggunakan Tensile Strength Tester, FTIR untuk analisis gugus fungsi, dan foto permukaan menggunakan mikroskop optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat mekanik membran selulosa asetat yang optimum diperoleh pada komposisi minyak jagung 4%. Semakin tinggi konsentrasi pendopingan LiCl, konduktivitas membran semakin meningkat dan diperoleh nilai konduktivitas membran elektrolit selulosa asetat tertinggi pada konsentrasi LiCl 35% yaitu 7,92.10-4 S cm-1. Membran elektrolit selulosa asetat memiliki gugus Li pada daerah 607,67 cm-1. Foto permukaan menunjukkan membran yang paling homogen berada pada konsentrasi LiCl 35%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 14 Nov 2017 07:13
Last Modified: 30 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53958

Actions (login required)

View Item View Item