Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berorientasi Pada Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Sikap Kreatif Siswa SMP.

Kurnianingsih, Erni (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berorientasi Pada Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Sikap Kreatif Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erni-kurnianingsih-15709251021.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS matematika dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) yang berorientasi pada HOTS dan sikap kreatif siswa SMP yang berkualitas baik ditinjau dari aspek: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan berdasarkan model pengembangan analysis, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE). Kegiatan pada tahap analysis berupa analisis kebutuhan, analisis siswa, dan analisis materi. Tahap design berisi kegiatan perancangan kerangka serta sistematika perangkat pembelajaran dan pemilihan referensi untuk pengembangan RPP dan LKS. Pada tahap development, kegiatan yang dilakukan yaitu pengembangan RPP dan LKS sesuai dengan desain yang telah ditetapkan pada tahap sebelumnya, penilaian perangkat pembelajaran oleh ahli, serta revisi perangkat pembelajaran sesuai saran para ahli. Tahap implementation berisi kegiatan uji coba terbatas perangkat pembelajaran dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi datar di kelas VIIIC SMPN 4 Pakem yang terdiri atas 31 siswa dan kelas VIIIA SMPN 2 Turi yang terdiri atas 32 siswa. Pada tahap evaluation, dilakukan evaluasi terhadap perangkat pembelajaran yang telah diujicobakan berdasarkan saran guru dan saran siswa dalam angket respon siswa. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan sebagai berikut. (1) Perangkat pembelajaran valid dengan skor rata-rata penilaian RPP yaitu 170,5 dari 220, skor rata-rata penilaian LKS yaitu 122,5 dari 155. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan dalam pembelajaran dengan rata-rata skor penilaian perangkat pembelajaran oleh guru 94, skor rata-rata hasil pengisian angket respon siswa 73.5806 di kelas VIIIC SMPN 4 Pakem dan 72,2813 di kelas VIIIA SMPN 2 Turi, rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu 95% di kelas VIIIB SMPN 4 Pakem dan 98% di kelas VIIIA SMPN 2 Turi. (3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan di SMPN 4 Pakem dan SMPN 2 Turi karena terjadi kenaikan rata-rata nilai siswa dan persentase banyaknya siswa yang lulus yaitu lebih dari 70%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Higher Order Thinking Skill, Sikap Kreatif.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2017 07:14
Last Modified: 09 May 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53957

Actions (login required)

View Item View Item