Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis HOTS di Kabupaten Mamuju.

Myelnawan, myelnawan (2017) Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis HOTS di Kabupaten Mamuju. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-myelnawan-15709259002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMP di Kabupaten Mamuju dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS berdasarkan indikator yang telah disusun. Kemampuan HOTS dalam penelitian ini meliputi kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 98 siswa SMP di Kabupaten Mamuju yang berasal dari empat sekolah dengan kategori tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis dengan bentuk soal pilihan ganda dan bentuk soal uraian, dan dilengkapi dengan wawancara terhadap subjek untuk menggali informasi lebih mendalam dari siswa. Analisis data dilakukan menganalisis hasil tes dan wawancara, kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan siswa SMP di Kabupaten Mamuju dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS berada pada kriteria rendah, dengan indikator menganalisis dalam kriteria sedang, dan indikator mengevaluasi dan mencipta termasuk dalam kriteria sangat rendah. Dari keseluruhan subjek penelitian, persentase siswa yang mampu menjawab soal indikator menganalisis 6,1% dengan kriteria sangat tinggi, 17,3% dengan kriteria tinggi, 33,7% dengan kriteria sedang, 27,6% dengan kriteria rendah, dan 15,3% dengan kriteria sangat rendah. Sementara itu, persentase siswa yang menjawab soal indikator mengevaluasi 14,3% dengan kriteria sedang, 32,7% dengan kriteria rendah, dan 53,1% dengan kriteria sangat rendah. Selanjutnya, persentase siswa yang mampu menjawab soal indikator mencipta 1% dengan kriteria tinggi, 3,1% dengan kriteria sedang, 19% dengan kriteria rendah, dan 76,5% dengan kriteria sangat rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan siswa, matematika, higher order thinking skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2017 07:00
Last Modified: 09 May 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53956

Actions (login required)

View Item View Item