Analisis Pembelajaran Lingkaran SMP Ditinjau dari Perilaku Guru dan Siswa di Kabupaten Bone.

Martini, Martini (2017) Analisis Pembelajaran Lingkaran SMP Ditinjau dari Perilaku Guru dan Siswa di Kabupaten Bone. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-martini-15709259003.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) perilaku guru di kelas pada saat pembelajaran matematika, (2) perilaku siswa di kelas pada saat pembelajaran matematika, dan (3) pembelajaran matematika yang efektif di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru RH dengan nilai UKG 95,24 mengajar sejak tahun 2009 pada SMP Negeri 4 Barebbo berakreditasi B, Guru EJ dengan nilai UKG 79,30 mengajar sejak tahun 2009 pada SMP Negeri 1 Awangpone berakreditasi A, Guru HS dengan nilai UKG 87,30 mengajar sejak tahun 1997 pada SMP Negeri 3 Watampone berakreditasi B dan tiga siswa kelas VIIIA pada SMP Negeri 3 Watampone, kelas VIIIB pada SMP Negeri 1 Awangpone dan kelas VIIIA pada SMP Negeri 4 Barebbo yang memperlihatkan perilaku paling aktif belajar, aktif melakukan kegiatan lain dan yang pasif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data versi Miles and Huberman Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Perilaku guru pada tahap awal pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar, membacakan tujuan pembelajaran dan metode pembelajaran, meminta siswa membacakan dan menjelaskan materi pada pertemuan sebelumnya atau materi prasyarat, menjelaskan petunjuk penyelesaian Lembar Kerja hingga meminta siswa membaca buku siswa. Pada tahap inti memberikan bantuan dan bimbingan kepada siswa saat memantau siswa bekerja dalam kelompok, menyelesaikan soal perhitungan, menjelaskan ulang yang dituliskan guru atau siswa di papan tulis, menjelaskan langkah penemuan rumus, contoh soal dan jawaban. Pada tahap akhir pembelajaran memberikan evaluasi. Menerapkan metode kerja kelompok, menyusun Lembar Kerja hanya menampilkan soal rutin, melengkapi dengan contoh soal beserta jawaban. (2) Perilaku siswa pada tahap awal pembelajaran yaitu mendengarkan penjelasan guru, membaca buku siswa, menjawab bersamaan. Pada tahap inti memperhatikan penjelasan guru menjelaskan penemuan rumus, contoh soal dan jawaban, jawaban siswa di papan tulis, memperhatikan guru saat membimbing kelompok, menjelaskan petunjuk menyelesaikan Lembar Kerja, mengidentifikasi soal terlebih dahulu, memperhatikan contoh soal dan jawaban pada lampiran Lembar Kerja sebelum mengerjakan soal, meminta bantuan jika kesulitan menyelesaikan perhitungan. Pada tahap akhir pembelajaran mengerjakan evaluasi dan (3) Perilaku guru dan siswa dalam mewujudkan pembelajaran matematika yang efektif dipengaruhi oleh media pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan, penjelasan guru, dan pengalaman guru mengajar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perilaku guru, perilaku siswa, pembelajaran matematika efektif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:48
Last Modified: 09 May 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53955

Actions (login required)

View Item View Item