Pengembangan Instrumen Penilaian Qirāatul Kutub di Pondok Pesantren.

Wahyuni, Ajeng (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Qirāatul Kutub di Pondok Pesantren. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ajeng wahyuni-15701251041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun instumen penilaian Qiraatul kutub dan menjelaskan kualitas instrumen Qirāatul Kutub yang dikembangkan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitan pengembangan berdasarkan model Borg & Gall. Prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi 1) Perencanaan, 2) tahap awal pengembangan produk, 3) uji coba terbatas, 4) uji coba lapangan, 5) finalisasi produk akhir. Subjek uji coba terbatas sebesar 28 peserta didik untuk instrumen performance test dan 96 untuk tes penguasaan tarkib Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, sedangkan subjek uji coba lapangan di ambil 80 peserta didik untuk instrumen performance test dan 425 untuk tes penguasaan tarkib di pondok yang sama dengan kelas yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen performance test Qirāatul Kutub, instrumen tes penguasaan tarkib kitab Safinah An-Najah, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Data penelitian di analisis berdasarkan Rasch Model dengan bantuan Software Winstep 3.73. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) instrumen yang dikembangkan adalah 12 butir instrumen performance test dan 17 butir soal uraian instrumen penguasaan tarkib ; (2) Analisis Goodness of Fit menunjukkan bahwa 12 item instrumen performance test dan 17 item Instrumen penguasaan tarkib hasil pengembangan menghasilkan 10 butir instrumen performance test dan 17 butis soal uraian penguasaan tarkib terbukti fit model. 3) Instrumen performance test memiliki tingkat kesulitan antara -1 sampai dengan 1 dengan tingkat kesulitan tertinggi 0.99 dan terendah -1.32, sedangkan instrumen tes penguasaan tarkib memiliki rentang -1 hingga 1 tingkat kesulitan dengan nilai tertinggi 1.01 dan tingkat kesulitan terendah -1.13 ; (4) Person Reliability untuk instrumen penilaian performance test Qirāatul Kutub adalah .86 dengan S.E. 0.14, untuk Item Reliability yang dimiliki adalah .97 S.E .32 , dan nilai cronbach alpha .97 (χ2= 1794, p= .000). Instrumen tes penguasaan tarkib memiliki person reliability .97 (S.E.=.04), item reliability .99 (S.E. =.16) dan nilai cronbach alpha .90 (χ2= 17774.96, p= .000); (5) Berdasarkan fungsi informasi tes (TIF) dan kesalahan baku pengukuran (SEM) dapat dikatakan baik, instrumen performance test baik digunakan untuk siswa dengan kemampuan -4 sampai dengan 4 dengan fungsi informasi tertinggi 5.24 dan SEM terendah 0.24, sedangkan tes tarkib akan sesuai digunakan untuk siswa dengan kemampuan -4 sampai dengan 4 dengan titik fungsi informasi tertinggi 19.49 dan SEM 0.11.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Qirāatul Kutub, instrumen penilaian, Rasch Model.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:32
Last Modified: 20 Jun 2022 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53953

Actions (login required)

View Item View Item