Pengaruh Latihan Squat Menggunakan Free Weight Dan Gym Machine Terhadap Kekuatan, Power, Dan Hypertrophy Otot Pada Mahasiswa Prodi PKO FIK UNY.

Mansur, Lia Karina (2017) Pengaruh Latihan Squat Menggunakan Free Weight Dan Gym Machine Terhadap Kekuatan, Power, Dan Hypertrophy Otot Pada Mahasiswa Prodi PKO FIK UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lia-karina-mansur-15711251080.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) Pengaruh latihan squat menggunakan free weight dan gym machine terhadap kekuatan, power, dan hypertrophy otot; dan (2) Perbedaan pengaruh latihan squat menggunakan free weight dan gym machine terhadap kekuatan, power, dan hypertrophy otot. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain“two group pretest- postest design”. Sampel penelitian 32 Sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan teknik random sampling berjumlah 32 orang. Seluruh sampel tersebut dikenai pretest kekuatan, power dan pengukuran hypertrophy otot untuk menentukan kelompok treatment, dirangking nilai pretestnya, kemudian dipasangkan (matced) dengan pola A-B-B-A dalam dua kelompok dengan anggota masing-masing 16 orang. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, Kelompok I diberi perlakuan latihan squat menggunakan free weight Kelompok B dengan latihan squat menggunakan gym machine. Instrumen untuk mengukur kekuatan menggunakan back and leg dynamometer merk Takei buatan Jepang. Instrumen untuk mengukur power menggunakan Jump Duration of Fright (DF) seri TKK 5114 buatan Jepang, satuan centimeter. Instrumen untuk mengukur linkar otot paha menggunakan meteran dengan satuan centimeter. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Multivariat pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan free weight terhadap kekuatan, power, dan Hypertrophy otot, yang terbukti dari nilai Fhitung > Ftabel 4,543, dan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan gym machine terhadap kekuatan, power, dan Hypertrophy otot, yang terbukti dari nilai Fhitung > Ftabel 4,543, dan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara latihan free weight dan latihan gym machine terhadap kekuatan, power, dan Hypertrophy otot, yang terbukti dari nilai Fhitung > Ftabel 4,543 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan persentase kenaikan nilai pretest dan postest kekuatan, power, dan Hypertrophy otot menunjukan kelompok latihan squat menggunakan free weight lebih baik daripada kelompok gym machine.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latihan squat free weight, latihan squat gym machine, kekuatan, power, hipertrophy otot
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:16
Last Modified: 11 Jan 2022 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53951

Actions (login required)

View Item View Item