EFEKTIFITAS PROGRAM REHABILTASI POST OPERATIF CEDERA LUTUT DALAM MENINGKATKAN RANGE OF MOTION PASIEN DI JOGJA SPORTS CLINIC

Abdurrahman, Nu’man Saifuddin (2017) EFEKTIFITAS PROGRAM REHABILTASI POST OPERATIF CEDERA LUTUT DALAM MENINGKATKAN RANGE OF MOTION PASIEN DI JOGJA SPORTS CLINIC. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Nu'man Saifuddin A 11603141035.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tingkat efektifitas pemberian program rehabilitasi post operatif cedera lutut terhadap peningkatan range of motion pasien cedera lutut di Jogja Sports Clinic. Desain penelitian ini adalah penelitian survey dari data medical record pasien JSC. Menggunakan teknik dokumentasi karena penelitian ini menggunakan data sekunder tentang program rehab dan Range Of Motion (ROM) pasien sebagai hasil rehabilitasi. Sedangkan subyek penelitian ini adalah data medical record dari 11 pasien cedera lutut post operatif JSC pada bulan September 2016 s/d februari 2017 yang sudah melakukan rehab 5sesi di JSC. Instrument yang digunakan adalah goniometer, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah data rasio dengan uji normalitas menggunakan ujji-t berpasangan karena hanya dua kelompok yang diuji. Uji-t menggunakan taraf signifikansi 5%, sehingga jika nilai p < 0,05 maka ada perbedaan signifikan, selanjutnya jika p > 0,05 maka tidak ada perbedaan signifikan. Hasil uji-t data fleksi pada perlakuan program rehabilitasi cedera lutut diperoleh nilai sebesar -6,629 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, ekstensi pada perlakuan stretching dan terapi latihan pembebanan diperoleh nilai sebesar 3,331 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest ROM fleksi dan ekstensi pada program rehabilitasi cedera lutut, dan terdapat perubahan yang signifikan dilihat dari prosentase perubahan pretest dan posttest pada fleksi 8,26% dan P = 0,00 nilai P ˂ 0,05, sedangkan pada gerakan ekstensi prosentase perubahan pretest dan posttest -19,15% dan P = 0,008 dengan nilai P ˂ 0,05 sehingga diketahui terdapat peningkatan pada ROM pasien dan program rehabilitasi post operatif cedera lutut dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan ROM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: program rehabilitasi, cedera lutut, ROM
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53945

Actions (login required)

View Item View Item