Model Pendidikan dan Pelatihan Vokasional bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

Suharni, Suharni (2017) Model Pendidikan dan Pelatihan Vokasional bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suharni-15721251008.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui komponen-komponen pendukung apakah yang diperlukan pada pendidikan dan pelatihan vokasional guna menunjang pendidikan yang berkualitas, dan (2) model konseptual pendidikan dan pelatihan sesuai dengan kompetensi diri secara berkelanjutan (self profesional quality) guru vokasional Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Metode penelitian Concurrent Triangulation. Data dikumpulkan melalui tiga teknik wawancara, angket dan observasi. Lokasi penelitian dilakukan di P4TK Bandung. Subyek penelitian ini sebanyak 74 peserta pendidikan dan pelatihan(diklat)Guru Pembelajar bidang kelistrikan. Teknik analisis data digunakan deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh komponen-komponen pendukung yang diperlukan pada pendidikan dan pelatihan vokasional guru Sekolah Menengah Kejuruan adalah (1) sumber daya manusia yang meliputi profesionalisme guru, pengembangan keprofesional guru dan adult learning, (2) management diklat vokasional, (3) quality control dan (4) improving sustainbly. Model konseptual diklat sesuai dengan kompetensi diri secara berkelanjutan (self profesional quality) guru vokasional Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik diperlukan 3 tahapan pokok yaitu: (1) tahap penyusunan perencanaan, (2) tahap pelaksanaan diklat dan (3) tahap evaluasi pelaksanaan diklat. Ketiga tahapan ini harus memeperhatikan 5W + H yaitu: what, who, why, when, where dan how. Pada tahap pelaksanaan perbandingan antara teori dan praktik sesuai dengan standar proses 30% teori dan 70% praktik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: guru vokasional, management pendidikan dan pelatihan, komponen pendukung diklat
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Nov 2017 04:05
Last Modified: 09 May 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53944

Actions (login required)

View Item View Item