PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BIJI KLUWAK(Pangium edule) SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENGENDALIAN HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L)

Fitriyani, Fanti Restika (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BIJI KLUWAK(Pangium edule) SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENGENDALIAN HAMA Spodoptera litura PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis optimal ekstrak biji kluwak (Pangium edule) sebagai pestisida nabati hama Spodoptera litura dengan perlakuan preventif dan kuratif pada tanaman sawi caisim (Brassica juncea L), jumlah larva Spodoptera litura yang menjadi pupa dengan perlakuan preventif dan kuratif, ada tidaknya pengaruh ekstrak terhadap tingkat kerusakan tanaman sawi (Brassica juncea L), dan dosis optimal ekstrak biji kluwak (Pangium edule) sebagai pestisida nabati hama Spodoptera litura. Jenis penelitian ini adalah Rancangan Penelitian Eksperimen dengan 5 variasi dosis, 2 perlakuan preventif dan kuratif dan 5 kali pengulangan. Obyek penelitian ini adalah 250 ekor larva instar III Spodoptera litura yang diperoleh dari Ketep, Sawangan, Magelang. Ekstrak biji kluwak (Pangium edule) dibuat dari 1000 gram biji kluwak (Pangium edule) segar dicampur dengan 1000 ml air dan 10 ml alkohol 95% dan diendapkan selama 24 jam. Starter ekstrak biji kluwak diencerkan menjadi 5 variasi dosis yaitu 0%, 15%, 20%, 25% dan pestisida sintetik. Penginfeksian hama dilakukan pada tanaman sawi yang berumur 21 hari setelah tanam yang ditanam di green house FMIPA UNY. Tanaman sawi diinfeksikan masing-masing 5 ekor larva Spodoptera litura. Hasil uji statistik Oneway Anova diperoleh p=0,000 sehingga (p<0,05) artinya terdapat perbedaan yang nyata ekstrak biji kluwak (Pangium edule) terhadap mortalitas Spodoptera litura. Ekstrak biji kluwak (Pangium edule) pada dosis 25% adalah dosis efektif mengakibatkan kematian larva 100%. Hasil uji Oneway Anova menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap jumlah larva Spodoptera litura yang menjadi pupa, dan tingkat kerusakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pangium edule, Spodoptera litura
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53941

Actions (login required)

View Item View Item