LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Apri Widodo, Apri Widodo (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13302241047_APRI WIDODO_P.FISIKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PPL adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran fisika. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1 Jetis i ni di l akukan s eki t ar kur ang l ebi h 2 bul an mul ai dar i t anggal 15 J ul i 2016 sampai 15 Sept ember 2016 . Dal am kegi at an PPL i ni , t er ddapat beber apa kegi at an yang di l akukan ol eh mahasi swa yai t u meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik kegiatan sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas ber upa pr akt i k l angs ung mengaj ar di kel as dengan di bi mbi ng ol eh Gur u Pembi mbng yai t u Bapak Muki j an S. Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas XI yaitu kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi piket guru, piket Perpustakaan, piket UKS dan pengelolaan laboratorium fisika. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 20 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahas i s wa mendapat kan pengal aman dal am mengaj ar pembel aj ar an ki mi a dal am kel as yang ber j al an s esuai dengan RPP. Hambat an yang ada dapat di pecahkan ber kat beber apa bant uan dar i Gur u pembi mbi ng dan DPL Pembi mbi ng Lapangan s ehi ngga kegi at an PPL dapat ber j al an dengan l ancar dan member i kan manf aat yang banyak unt uk mahasi swa cal on pendi di k.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Nov 2017 00:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53940

Actions (login required)

View Item View Item