PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS Xl SEMESTER I SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Sih Dhani, Saptiti (2010) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTIKUM KIMIA SECARA TERINTEGRASI TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN RETENSI PENGETAHUAN KIMIA PESERTA DIDIK KELAS Xl SEMESTER I SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGARUH_PELAKSANAAN_PRAKTIKUM_KIMIA_SECARA_(2).docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan praktikum kimia secara terintegrasi terhadap (1) sikap ilmiah, dan (2) retensi pengetahuan kimia peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Populasi penetitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI semester 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 107 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebanyak 34 peserta didik dan XI IPA 2 sebanyak 34 peserta didik. Kedua kelas sebagai Was eksperimen. Penelitian diawali dcngan uji homogenitas dan normalitas sampel dengan pengambilan data pengetahuan awal kimia menggunakan nilai ulangan harian materi pokok Sistem Periodik Unsur. Data lainnya yaitu sikap ilmiah dengan pengisian angket, tes prestasi belajar kimia dengan materi pokok Termokimia dan Laju Reaksi dan juga data hasil tes retensi pengetahuan kimia. Analisis data dilakukan dengan uji t sama subjek dan mengitung persen retensi pengetahuan kimia peserta didik yang selanjutnya dikonversikan menjadi 5 kriteria retensi pengetahuati kirnia. hriteria tersebut yaitu retensi pengetahuan kimia sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis data menunjukl:an bahwa (1) tid.ak ada perbedaan secaia signifikan antara sikap ilmiah peserta didik sebelum dengan sikap ihniah sesudah pelaksanaan pembelajaran dengan metode praktikucn kimia secara terintegrasi dengan harga to=1,523 dan harga p sebesar 0,128 (p>5%) dan (2) hasil rata-rata % retensi kelas XI IPA 1 sebesar 96,49 % dan pada kelas XI IPA 2 sebesar 87,28 % yang tnemmjukkan retensi pengetahuan kimia sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 12 Sep 2012 15:05
Last Modified: 29 Jan 2019 16:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item View Item